Feeds

Ganti template standar Blogger

Ada banyak alasan yang tidak dapat diuraikan, inilah yang membuat saya merubah tampilan walaupun teman-teman lebih pandai dalam mendesaign atau modifikasi tampilan blog dan menambahkan banyak widget lainnya untuk memudahkan para pengunjung blog, saya berharap teman teman memakluminya dan masih terbuka 1001 kotak saran mengenai tampilan blog ini, karna kemampuan saya dalam dunia ngeblog masih jauh ketinggalan dan tidak ada kesempurnaan jika dibandingkan sama blogger teman-teman. Hanya saja saya ingin sekali belajar untuk mencoba menganti tampilan yang dulunya menggunakan template bawaan (standard).

Terimakasih juga pada Mas Sugeng Design by Mas Sugeng memberikan secara gratis untuk didownload dilengkapi Caution dan Tutorial serta masih bersedia membantu para newbie terhadap keluhan pengguna templatenya.

Saya tidak membicarakan panjang lebar yang membuat teman-teman bosan membaca postingan ini. Banyak sekali template yang bisa di dunlod di internet secara gratis/berbayar agar blog cantik dan menarik terlihat, apalagi sekarang bagi maniac blogger:) sudah bisa memanfaatkan fasilitas custome template dari blogger itu sendiri yang sekian lama di tunggu oleh penggemarnya, dengan menggunakan draft.blogger.com kita tinggal desaign sesuai keinginan yang tidak perlu lagi mengedit HTML.

Sebelum menganti atau merubah tampilan blog, baik itu menggunakan draft template atau comot template gratis lainnya, seperti template ini yang sudah di lengkapi Peringatan dan Tutorial yang perlu di perhatikan adalah:

PERINGATAN...!!! Baca dulu sebelum mengganti TEMPLATE

Agar proses pergantian template berjalan lancar sebaiknya Backup/ download dulu template dasar. Atau dengan cara membuat blog lain sebelum menggantikan template blog utama. Secara default semua link image di template ini tersimpan di photobucket, tapi untuk berjaga-jaga sebaiknya pindahkan image-image tersebut ke akun photobukcet sendiri atau tempat hosting anda (jika ada) untuk menyimpan image template ini (image template diikutkan file kompresi ini). Segala Resiko akibat pergantian template diluar tanggung jawab saya. Karena itu sebaiknya baca baik-baik petunjuk berikut untuk meminimalisir resiko... Berhubung template ini gratis buat siapa saja maka saya sangat berterima kasih jika Footer ke blog Saya tidak dihapus.

Cara Backup Widget

Jika memiliki widget berisi kode HTML sebaiknya di backup dulu ke file notepad dan setelah mengganti template, nantinya tinggal memasang kembali kode-kode tersebut (agak ribet tapi aman).

Cara Menbackup/Mendownload Template

Masuk ke akun bloger kemudian tuju: Rancangan -> Edit HTML -> Download Template.

Cara Edit meta tag Template (Wajib sebelum di Upload Kembali)

1. Open file "Black and with Template.xml" menggunakan Notepad (klik kanan -> open with -> akan terbuka daftar program dan pilih Notepad).


2. Setelah file template tersebut terbuka cari kode tekan ctrl + F) tepat dibawah kode tersebut perhatikan bagian "meta tag content" dan ganti sesuai deskribsi dan keyword blog Anda.


3. Simpan dan setelah itu download template hasil edit tersebut.


Cara Upload Template:

1. Masuk ke akun blog langsung tuju RANCANGAN -> EDIT HTML pada bagian kanan atas terdapat tombol BROWSE -> setelah Window Eksplorer terbuka cari lokasi template yang anda edit tadi tersimpan di hardisk komputer Anda dan pilih file template tersebut.


2. Tekan tombol UPLOAD/UNGGAH.


3. Setelah proses UPLOAD selesai akan muncul pesan beberapa widget akan dihapus coba pilih " TETAPKAN DAN SIMPAN"


Mengembalikan Widget yang terhapus


Jika sudah membackup widget yang terhapus (baca: CARA BACKUP WIDGET) yang dilakukan adalah tuju RANCANGAN -> ELEMEN HALAMAN -> pilih Add Elemen Page -> HTML, kemudian masukkan kode HMTL yang sudah anda backup sebelumnya.

Semoga Bermanfaat...

Update tampilan  per 1 Maret 2014

Recent Post

Mengenai Saya

Foto saya
Pengenalan diri secara jujur adalah hal yang sangat bijak sana, kenapa enggan membeberkan tentang diri, saat seseorang atau juga banyak orang yang tau tentang kepribadian apalagi publikasinya di dunia maya, duh... jadi malu..he2 jangan hiraukan atau pikirkan tuliskan saja apa yang bisa ditulis,...apapun tentang saya karna kesemua itu pemberian Tuhan..yang patut disyukuri..next...:)

Komentar Terakhir:

free counters
eXTReMe Tracker